Just say “I am okay”, t…

Just say “I am okay”, then give the best smile for them😉
#keep shining!

Quote | Posted on by | Leave a comment

Ibu, cukupkan dulu kekhawatiranmu.. Ayah juga..

Ibu, cukupkan dulu kekhawatiranmu.. ayah juga..

“Mba, sekarang pulang ya.. makan siang di rumah aja. Mama udah bikin jus melon.”

Aku jadi tahu maknanya. Ternyata di rumah kecil itu, ada seorang ibu yang khawatir anaknya pergi aksi hari ini. Khawatir anaknya sakit lagi. Khawatir jika anaknya menemui bahaya. Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Agar ada 2 atau 3 anak supir angkot membacanya..

Agar ada 2 atau 3 anak supir angkot membacanya..

(Bedah Buku “9 summers 10 autumns” – Dari Kota Apel ke Big Apple)

 

Siang yang tak begitu terik. Mungkin Mentari tak tega melihat anak-anak yang masih harus bertahan menjajakan koran, melihat seorang laki-laki yang mengelilingi UI untuk menjual jilbab, dan satu anak yang akhirnya memutuskan duduk di teras untuk menghela nafas. Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Sandiwara dan Puisi(ku) dalam 2SKS

Aku.. dan mata kuliah Ekologi Lingkungan

#Setelah “ditampar” mata kuliah Ekologi Pesisir#

 

(Aku) duduk sebagai mahasisw(i) yang –mau tidak mau- harus bersandiwara di kursi ruangan itu. Bagaimana tidak? Untuk mendapatkan nilai A, (aku) harus membuat “puisi” yang menyayat hati. Continue reading

Posted in Uncategorized | 1 Comment

kira ini hanya gerimis

kira ini hanya gerimis

Ternyata awan lebih berperasaan

  Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Tentang stiker kecil.. dan sebuah janji. (Lagi, tentang mereka yang amanah)

“Dua hari ini Allah tahu ada pejuang-pejuang yang tak lekang memunculkan pijar inspirasi di bumi-Nya. Dan dua hari ini pun kita tahu Raqib tak akan pernah salah mencatat amal kebaikan kita. Semoga Allah terus memberikan lompatan-lompatan kebaikan kepada kita semua kemarin, hari ini, dan esok.”

Bukan, bukan dua hari ini. Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

notulensi kajian siroh : “Menjadi sahabat Nabi”

masjid Nurul Iman , Cijantung

Ust. Budi Ashari

JADILAH SEORANG ‘SAHABAT’ NABI..!

“Aku ingin sekali bertemu ikhwanku.”

Para sahabat bertanya, “Bukankah kami ini ikhwanmu?”

Nabi bersabda “Kalian adalah sahabatku. Ikhwanku adalah orang yang beriman kepadaku, tetapi mereka belum pernah melihat aku.”

  Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Secepat ini, kah?

Pertemuan pertama kita, di ruang kelas XI IPA 2. Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Ya Rabb.. Barisan di selasar senja sana,

Mereka mengajarkanku tentang kemurnian hati, bergerak tanpa gengsi, tanpa bangga diri

Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

“Karena kita sudah berusaha, Ni..”

Kimia organik.. sebuah karya indah yang pernah tergores di tengah peradaban ilmiah. Tidak sembarang orang bisa melihat keindahannya. Hanya “yang diizinkan” saja yang bisa menikmatinya.  Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Menunda amanah? Tidak baginya..

Senin sore lalu, Mentari SALAM UI 14 mengadakan syuro untuk membahas tugas dan hal-hal terkait divisi. Bang Rendy mengumumkan tugas kepada seluruh staff. Aku ditempatkan di inventaris dan piket. Dan aku ingat, Bang Rendy memberikan tugas kepada seorang staff ikhwan Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Secarik surat di bawah senja

Boleh saja, orang menganggap keterikatan kami di jalan ini, membawa kerugian materil untuk kami. Itu karena mereka melihat, banyak energi yang kami kontribusikan untuk kepentingan perjuangan kami di jalan ini. Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Bersabarlah, pejuang..

Hidup ini bagai untaian pita yang panjang. Dan aku tau.. kita hanya sedang berada di dalam satu fragmen. Mungkin masa-masa ini hanya secuil, tapi sungguh.. kenangan dan kemenangannya akan menjadi kawan kita menghabiskan sisa jalan yang kosong. Continue reading

Posted in Uncategorized | 1 Comment

Memilih Pemimpin

Beberapa bulan yang lalu, kampus saya dihebohkan oleh aktivitas dan kemeriahan pemira IKM. Ada spanduk di sana sini, pamflet, dan perlengkapan lainnya. Sebagai situs jejaring sosial yang digandrungi banyak orang, facebook, pun dijadikan sebagai media strategis untuk menarik dukungan massa. Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Nasionalisme.. Sebuah makna bagiku

Alhamdulillah akhirnya saya bisa kembali lagi ke blog. Sebenarnya sudah cukup lama saya ingin menulis posting, apalagi setiap hari saya menghabiskan banyak waktu di depan laptop. Namun karena harus menyusun buku, soal, proposal, dan mengisi update berbagai group di facebook, akhirnya baru hari ini bisa masuk lagi ke wordpress walau sekadar mengintip dan mengguratkan isi hati di sini.

Bismillahirrahmaanirrahiim..

Mungkin beberapa minggu yang lalu, negeri ini dibuat ramai dan meriah oleh pertandingan sepak bola. Continue reading

Posted in Kajian | Leave a comment

Biarkan ia terus berjalan

Perjuangan ini memang tak mudah.

Jatuh dan terluka.. Keduanya serasa jadi hal yang biasa. Aku tak punya ide untuk menamai jalan ini. Entahlah.. Aku hanya mengklaim ini sebagai jalan mulia. Ini pun hal biasa, karena manusia cenderung mengklaim perjuangan mereka sebagai jalan yang mulia.

Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Teguran untuk diri sendiri

Banyak yang tak mengenalnya. Bukan karena ia tak pernah maju di medan dakwah. Tapi yang ia dahulukan adalah negeri akhwat, dan berhijab penuh saat syuro dengan yang bukan mahram.

Banyak yang tak mengenalnya. Karena ia tak pernah meninggalkan rumah untuk hal-hal yang tidak syar’i. Pilih mengaji saat muda-mudi yang berbaur mengajak pergi.

Continue reading

Posted in Uncategorized | 1 Comment

Mencintai Penanda Dosa

Mencintai Penanda Dosa
Dari Salim A. Fillah : Mungkin kau tak larat baca sebab panjang, tapi kau akan hilang 1001 pengajaran.

Dalam hidup, Allah sering menjumpakan kita dengan orang-orang yang membuat hati bergumam lirih, “Ah, surga masih jauh.” Pada banyak kejadian, ia diwakili oleh orang-orang penuh cahaya yang kilau keshalihannya kadang membuat kita harus memejam mata.

Continue reading

Posted in Kajian | Leave a comment

Melihat secarik kertas tugas..

Kemarin saya beres-beres kertas-kertas dan buku-buku lama. Soalnya mau dipindahin ke lemari deket dapur. Tiba-tiba saya menemukan kertas dan beningan yang isinya puisi. Akhirnya saya jadi kembali mengingat masa-masa sulit ketika membuatnya.. xp

Continue reading

Posted in coret-coret | 4 Comments

INDONESIA MENGAJAR, SEBUAH SOLUSI DEMI MENJAMIN MASA DEPAN

ini essay yang baru saja saya kirim buat SDP. Yah, lolos ataupun gak, Insya Allah saya bersyukur karena ada yang bisa ditulis minggu ini. Semoga bermanfaat ^^ Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment

Resume KAJIAN PERGERAKAN KEMAHASISWAAN

Pembicara 1 : Bapak Iskandar , Dosen Sejarah FIB

Pembicara 2 : Kak Gari Primananda, Mantan Ketua BEM MIPA dan BEM UI

Jadi, waktu itu kan yang dateng lumayan terhitung sedikit, nah, Pak Iskandar mengaitkannya dengan mengatakan bahwa memang kaum pejuang itu diawali oleh kaum minoritas yang disebut agency.

Kaum agency ini tentu saja adalah kaum yang memiliki kesadaran dan kesempatan, juga kemauan dan kemampuan.

Continue reading

Posted in Uncategorized | 1 Comment

DIALAH INTAN, SI KUAT PENUH PESONA

DIALAH INTAN, SI KUAT PENUH PESONA

Sekeping hati dibawa berlari

Jauh melalui jalanan sunyi

Jalan kebenaran indah terbentang

Di depan matamu para pejuang

 “Aku sudah tidak sanggup dengan semua tempaan ini. Ayo kita menyerah saja. Lebih nikmat tinggal di atas permukaan bumi sana. Kita bisa bertemu mentari yang hangat, dedaunan yang hijau dan dibasahi embun, kicau burung yang merdu, udara yang segar, dan sejuta kenyamanan lainnya. Aku ingin hidup nyaman, Dik”, keluh KarbonA.

Continue reading

Posted in Uncategorized | 3 Comments

…Sejenak penantian

 

Langkah kaki di pekarangan

Terus menerus tidurkan rerumputan

Daun-daun menggugur pun tak luput berjejak

Aku jadi tahu, begitu lama ia berdiri dan berputar

Kuntum teratai jadi gundah Continue reading

Posted in My Essay | Leave a comment

SENJA DI PARIS

penghantar cerpen lama yang sedang diperbaharui🙂

SENJA DI PARIS

Bila kau mengartikan senja

Mungkin kau berkata, “matahari akan terbenam”

Bila aku melewati senja

Matahari itu hilang dari kelopak mataku Continue reading

Posted in My Essay, Uncategorized | Leave a comment

MIPA = MIskin Prospek kerjA ?

Ini editan dari essay MIPA aku yang pernah aku bikin pas SMA dulu. Diedit karena jumlah kata yang diminta sama tim kreatif PSAF minimal 369 x 2 kata.

Hemm, semoga bermanfaat🙂

Makasih buat bu Nina (guru B.ina SMAN 39) dan kakak tim kretif PSAF MIPA. Berkat “dorongan” dari kalian, akhirnya saya yang malas ini tergerak untuk menuangkan ide. hehe

 _________________________________________________________________

Ketika kita hendak memilih jurusan di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, kita akan menemukan satu fakultas yang berisi jurusan-jurusan atau departemen-departemen ilmu murni, seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, dan juga Farmasi. Di beberapa universitas, fakultas ini memiliki jurusan tambahan seperti Ilmu Komputer, Statistik, dan Instrumentasi. Fakultas tersebut adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Continue reading

Posted in My Essay | 15 Comments

MUJAHID DAN OPORTUNIS

oleh Budi Ashari
bekerjasama dengan Cahaya Siroh
Dialog Antara Mujahid dan Oportunis

granadaGranada, kota terakhir yang dimiliki muslimin dikepung oleh Tentara Kristen. Jumlahnya cukup besar; 40.000 infanteri dan 10.000 kavaleri, ini masih ditambah jumlah bantuan yang terus berdatangan.

Granada, kota terakhir yang dimiliki muslimin dikepung oleh Tentara Kristen. Jumlahnya cukup besar; 40.000 infanteri dan 10.000 kavaleri, ini masih ditambah jumlah bantuan yang terus berdatangan.

Masyarakat muslim ketika itu dipimpin oleh dua tokoh. Continue reading

Posted in Kajian | Leave a comment

TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan kategori formal yang diminati oleh ratusan ribu peserta didik di negeri ini. Dengan segala program studi yang ditawarkan, lulusan Sekolah Menengah Atas yang memiliki minat tinggi pada ilmu pengetahuan ataupun dengan tujuan yang lebih materialis di masa depan, berusaha memasukinya dengan berbagai cara.

Input mahasiswa baru yang diterima oleh universitas lantas menjadi tanggung jawab pihak penyelenggara pendidikan di universitas tersebut. Metode dan sistem pun dirancang sedemikian rupa untuk melatih serta menciptakan suasana belajar dan tingkat pemahaman yang optimal bagi mahasiswa. Continue reading

Posted in Uncategorized | 3 Comments

MAHASISWA, HADIR UNTUK UMAT

Mereka yang sedang berbaris disana, bukan hadir untuk sekedar duduk ataupun bersenda gurau. Pundak-pundak mereka memikul harapan dan amanah yang harus dipertanggungjawabkan kemudian. Mahasiswa—kaum muda terpelajar— adalah sosok yang memiliki komitmen dan segala pergerakannya harus senantiasa segaris dengan niat tulus dan tujuan yang luhur. Pengabdian kepada Ilahi adalah landasan hakiki untuk melaju dan berbaur dengan berbagai kepentingan yang melibatkan umat.

Mahasiswa sejati adalah insan yang memiliki potensi untuk bergerak cepat dan tepat dalam membangun peradaban baru, mendobrak belenggu dan kegulitaan zaman, dan pula menjunjung tinggi kemaslahatan. Mahasiswa sejati bukan pengecut yang mundur ketika musuh mendekat, bukan pula oportunis yang memilih kompromi saat terjepit. Itu semua karena mereka punya idealisme yang kuat yang ditanamkan atas dasar kebaikan dan kepedulian. Continue reading

Posted in My Essay | 4 Comments

Berdoa di Status Facebook

Setuju atau tidak, semoga bisa jadi renungan…🙂

Di kutip dari sini

Berdoa Kepada Facebook

Sering saya lihat status teman-teman facebook saya yang bertuliskan macam:

Ya Tuhan… semoga blablabla…

Ya Allah.. kenapa kok gini….

Ya Allah, …

Continue reading

Posted in Kajian | 4 Comments

“Ukhti.. Mungkin ini jalan jihad istimewa yang ditunjukkan oleh Allah kepada kita….”

Setelah ikut kajian sirah yang tentang “Menakar Usia dengan Pedoman Peta Hidup Rasulullah” , ada sesuatu yang membuat sesak dan nampaknya saya harus mensetting ulang semua rencana di masa depan.

(buat yang belum tau , sedikit isi kajian sirah ada di posting sebelum posting ini)

Nah, di hasil analisis kajian sirah tersebut, kita bisa lihat sendiri bahwa di zaman sekarang ini, kira-kira usia 1 tahun, sang anak harus sudah mengetahui dan memahami shalat dan berbagai ibadah wajib lainnya.

Betapa kita harus gesit, bukan?

Continue reading

Posted in Uncategorized | Leave a comment